Gaya Belajar Visual
- Jika Mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
- Saya lebih suka membaca dari pada mendengarkan kuliah/penjelasan.
- Saya selalu menunjukkan arah utara atau selatan dimana pun saya berada.
- Saya suka menulis surat, jurnal atau buku harian
- Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya.
- Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah.
- Saat mengingat suatu pengalaman, “Saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya .
- Saya sering mencoret – coret kertas saat berbicara di telpon atau dalam suatu pertemuan/rapat.
- Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan.
- Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya.
- Saya suka mengeja dan Saya pintar mengeja kata – kata.
- Saya suka mencatat perintah/instruksi yang disampaikan kepada saya.
Gaya Belajar Auditori
- Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku.
- Saat seorang diri, saya biasanya memainkan musik/lagu atau bernyanyi.
- Saat berbicara, saya suka mengatakan, “Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus”.
- Saya tahu hampir semua kata dari lagu yang saya dengar.
- Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telpon.
- Tanpa musik, hidup amat membosankan.
- Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
- Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu.
- Saya lebih suka musik dari pada seni lukis.
- Saya suka berbicara dari pada menulis.
- Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saat sedang nonton TV.
- Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang orang katakan.
Gaya Belajar Kinestetik
- Saya lebih suka berolah raga dari pada membaca buku.
- Ruangan, meja, mobil atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur.
- Saya suka merancang, mengerjakan dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
- Saya suka olah raga dan rasanya saya adalah olahragawan yang baik.
- Saya biasanya mengatakan, “Saya rasa, saya perlu menemukan bijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal itu”.
- Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu.
- Saya lebih suka melakukan contoh peragaan dari pada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
- Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
- Tulisan tangan saya tidak rapi.
- Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
- Saya paling mudah belajar sambil mempraktekan/melakukan.
- Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama.